KABUPATEN ILAGA – PUNCAK JAYA

Kabupaten ILAGA di pegunungan Puncak Jaya ini masih tergolong muda. Kabupaten ini masih melakukan perbaikan sarana dan prasarana infra struktur. Kabupaten ILAGA dengan hawa yang dingin ini terletak di ketinggian kurang lebih 2045m diatas permukaan Laut, dengan di kelilingi beberapa gunung.

ilaga

Kantor Kabupaten Puncak Ilaga

ilaga

Hari Pasar Mayarakat setempat Senin – Kamis

puskesmas ilaga

Kantor dinas kesehatan berdampingan dengan Puskesmas

** Klik gambar di bawah untuk melihat lebih jelas.

About these ads

16 Tanggapan to “KABUPATEN ILAGA – PUNCAK JAYA”

  1. NAPIANUS MURIB Says:

    TOLONG PERHATIHAN !! DAN BACA BERLAHAN-LAHAN DENGAN TELITI!!! DI TUNJUKAN KEPADA MAHASISWA,PENJABAT DARI BUPATI SAMPAI STAF.DAN MASYARAKAT KHUSUS KABUPATEN PUNCAK ILAGA….. SAYA USULKAN JANGAN PERNAH MELUPAKAN TANGGUNG JAWAB KITA YANG TERBESAR DI BAWA INI… APA LAGI KITA SEBAGAI KRISTEN JANGAN PERNAH MELUPAKAN TUHAN DALAM SEGALA RENCANA….SUPAYA JANGAN KABUPATEN LAIN MENGALAHKAN KITA … SELALU SEMANGAT DALAM TUHAN KITA YESUS …JANGAN MENGUTAMAKAN SEGALA HAL ADA DUNIA MANUSIA BISA LIHAT TAPI UTAMAKAN HATI KITA TERHADAP TUHAN ALLAH YANG MAHA ESA KARENA KITA HARUS PERLU KETAHUI “”””MELAKUKAN INI DAN ITU SEMUANYA KEHEDAK ALLAH SAJA “”””
    “””INGAT YANG PENTING MENGENALI DIRI SEBAGAI PEMUDA KRISTEN YANG BERTANGGUNG JAWAB LEBIH KHUSUS LAGI MAHASISWA SE-JAWA DAN BALI”””””

    Seorang kristen yang ingin mencapai sukses hidup,haruslah mempunyai tanggung jawab yang penuh terhadap dirinya sendiri.Tanggung jawab seorang pemuda terhadap diri sendiri meliputi lima(5) bidang penting yaitu:

    1. Bertanggung jawab terhadap spritual diri sendiri.

    2. Bertanggung jawab terhadap kesehatan diri sendiri.

    3. Bertanggung jawab terhadap pendidikan diri sendiri.

    4. Bertanggung jawab terhadap pekerjaan diri sendiri.

    5. Bertanggung jawab terhadap pergaulan diri sendiri.

    AKULAH POKOK ANGGUR YANG BENAR DAN BAPAK KULAH PENGUSAHANYA…..(Yohanes 15.1)

    Bersyukur hai dalam kemudaanmu,biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu ,dan turutilah keinginan hatimu padangan matamu tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa kita ke pengandilan

    (Pengkhotbah 11:9)

    Saya seorang pemuda memiliki kebebasan dalam hidup,yaitu kebebasan berkarya dan kebebasan meraih sukses,tetapi,kebebasan tersebut akan bertanggung jawabkan kelak di pengadilan Allah.Apapun yang saya pikirkan,sikapi, dan lakukan dalam hidup,semuanya itu akan pertanggung jawabkan di hadapan Tuhan.

    Saya harus di pahami,bahwa karya dan kesuksesan masa depan saya bidang apapun,baik menyangkut kesuksesan rohani maupun jasmani,sangat dipengaruhi oleh seberapa jauh perhatihan dan tanggung jawab terhadap diri saya pada saat ini tanggung jawab terhadap diri perlu dilaksanakan secara serius,oleh karena perjalanan hidup ini,tidak ada hal istimewa lebih yang di sumbangkan oleh orang lain disekitar saya, kecuali mulai dari diri saya dan dimulai pada saat ini.

    Saya mengetegahkan beberapa pokok penting yang berkaitan dengan tanggung jawab pemuda terhadap diri saya .Pokok pokok Itu di jelaskan dibawa ini.

    A.BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP SPIRITUAL DIRI SENDIRI.

    DENGAN SEMANGAT ADALAH ASET MANUSIA KASIHILAH ALLAH YANG MAHA KUASA INGAT??????

    Saya sebagai pemuda wajib memperhatikan dan membangun kerohanian diri secara sungguh-sungguh,karena kerohanian memiliki arti yang sangat penting bagi diri saya saat ini dan masa yang akan datang.Kehidupan rohani saya harus baik dan benar menurut padangan Allah.Kerohanian yang baik dan benar di hadapan Allah, akan menjadi sebuah kekuatan dasar (The basic of power) untuk menjalani kehidupan utuh yang lebih baik.

    a.1.,Mengaku adanya kekuatan Spirritual dalam diri saya.

    YESUS DI SALIBKAN UNTUK SAYA

    Hal pertama bagi seorang pemuda dalam menata dan mengelola kerohanian diri adalah mengakui adanya sebuah kekuatan rohani (spiritual of the power) dalam diri saya.Kebanyakan pemuda belum menyadari sepenunya bahwa didalam diri mereka ada sebuah kekuatan rohani.Mereka menganggap bawha hal rohani adalah hal yang tidak penting atau tidak prioritas dalam hidup.

    Mereka hanya menyalani hidup di atas standar kemanusiaan semata.Mereka hidup menurut pertimbangan logika,menurut pertimbangan ekonomis,menurut pertimbangan sosial budaya,menurut pertimbangan matematis,menurut pertimbangan hukum dan menurut pertimbangan keadaan realitas dunia di sekitar mereka.Pemahaman dan sikap demikian adalah suatu kesalahan dan kerugian besar bagi sang pemuda itu sendiri.

    Seorang pemuda seharusnya menyadari dan mengakui bahwa didalam dirinya ada sebuah kekuatan ilaihi,yaitu kekuatan rohani yang dirahmati Allah dalam dirinya.Kekuatan rohani inilah yang harus menjadi sebuah pusat hidup (The life of center) seseorang.

    Rasul Paulus menasehatkan bahwa jemaat di Roma demikian:”Sebab mereka yang hidup menurut daging (kemanusiaan),memikirkan hal-hal dari daging (kemanusiaan),mereka yang hidup menurut Roh.karena keinginan daging (kemanusiaan) adalah maut,tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera”,(Roma 8:5-6)

    Firman Tuhan di atas menegaskan, bahwa kekuatan kemanusiaan seseorang seperti pikiran,perasaan,pengetahuan,ketrampilan,dan pengalaman tidak sepenuhnya membawa diri kepada kehidupan yang lebih baik.tetapi, kekuatan kehidupan rohanilah yang akan membawa seseorang kepada suatu kehidupan yang aman,tenang,dan damai sejahtera dalam menjalani kehidupan di dunia.

    Ada beberapa bukti dalam perasaan,pikiran dan tingkah laku saya,yang mencerminkan bahwa didalam diri saya sedang mengalir kuasa ilahi.

    Bukti-bukti itu antara lain

    * Pada saat ini,saya sadar bahwa Tuhan sedang memberikan napas/kehidupan kepada saya.
    * Ketika saya hendak membuat dosa,ada satu suara dalam hati yang melarang saya,dengan ungkapan seperti:”Jangan”atau tidak boleh”.
    * Ketika saya selesai membuat kesalahan/dosa,saya akan merasa sesal dan ada keinginan untuk bertobat atau ingin berbalik kepada Tuhan.
    * Ketika saya berada dalam suatu kondisi sulit,saya mulai meminta pertolongan Tuhan.
    * Saya menyadari bahwa Tuhan menyediakan suatu kehidupan kekal untuk saya di akhirrat(Surga atau narga)

    Pengakuan adanya kekuatan Rohani yang ada dalam hidup saya,merupakan suatu kesadaran diri di hadapan Tuhan yang sangat penting.Saya tahu dan sadar bahwa didalam diri saya sedang mengalir kuasa illahi yang mengatur dan menyelenggarakan totalitas hidup saya.

    Hal ini membuat saya akan mempunyai pikiran,perasaan,sikap,dan tindakan untuk memperhatikan dan menangani kerohanian saya secara baik.

    a.2. Seorang Mentor Rohani Dalam Hidup Saya.

    Seorang pemuda seharusnya memiliki seorang mentor rohani.Saya menyadari bahwa dalam perjalanan hidup ini akan ada berbagai situasi sulit yang di akibatkan oleh hal-hal seperti: Sakit penyakit,kesulitan ekonomi,kesulitan pekerjaan,kesulitan bebas dari dosa,konflik-konflik dan tantangan-tantangan lain yang biasanya datang dari lingkungan pergaulan, lingkungan study, lingkungan keluarga, lingkungan pekerjaan, lingkungan pelayanan, lingkungan masyarakat dsb. Kesulitan-kesulitan dalam perjalanan hidup seperti itu, terkadang membuat saya tidak mampuh mengatasinya, jalan pikiran saya bisa buntu, emosi saya tidak stabil, fisik saya melemah, hati saya menjadi tawar, dsb. Kondisi fisik dan kejiwaan saya seperti ini membuat saya sendiri tidak sanggup mengatasi persoalan saya sendiri, hanya ada orang lain yang datang dan bisa menolong saya, yaitu seorang mentor.

    Seorang mentor rohani akan memimpin, mengarahkan, megajar, mendoakan saya, dan oleh pertolongan Tuhan Yesus, saya akan keluar dari kemelut hidup dan tantangan yang ada. Seorang mentor rohani juga akan melatih dan membimbing saya berubah dari kebiasaan buruk kepada kebiasaan baik, dari kelemahan rohani kepada kekuatan rohani, dari kekalahan kepada kemenangan, dari kekecilan hati kepada kebesaran hati, dari kebencian kepada pengampunan, dari kemerosotan kepada kemajuan, dari kegagalan kepada kesuksesan dsb.

    Perhatikanlah dan pilihlah seorang mentor rohani yang usianya lebih dewasa, pengetahuannya lebih banyak, wawasan lebih luas, kerohaniannya lebih baik, keterampilannya lebih baik dan pengalamannya lebih banyak. Mintalah kesediaan orang yang memiliki kriteria seprti ini untuk menjadi mentor rohani saya. Orang-orang sepeti itu Tuhan dapat saja memakai mereka untuk menolong saya mencapai tingkat kedewasaan dan kemajuan rohani yang jauh lebih baik.

    a.3. Memastikan diri Telah Merima kristus sebagai juru selamat pribadi saya

    Seorang pemuda perlu memastikan diri telah menerima yesus Kristus sebagai juru selamat pribadi dan memastikan diri menerima kehidupan yang kekal.Saya tahu dalam memastikan bahwa saat ini Tuhan Yesus sudah berada dalam hati saya,dan saya pun sedang hidup didalam Tuhan Yesus.Saya harus mempunyai keyakinan,bahwa jika saat ini meninggal dunia,maka keselamatan atau hidup kekal itu sudah menjadi milik saya.Rasul Yahanes mengungkapkan kebenaran Tuhan sebagai berikut:”Semuanya itu kutuliskan kepada kamu,supaya…. Kamu tahu bahwa kamu memiliki hidup yang kekal”(Yohanes 5:13)

    Kepastian memiliki hidup yang kekal harus menjadi tujuan otopi hidup saya di dunia.Itu adalah tujuan Allah menempatkan saya di dunia.Allah menempatkan saya di dunia bukan hanya sekedar hidup di dunia dan selesai begitu saja .tetapi, saya maksud dan tujuan Tuhan,yaitu agar saya hidup didalam Tuhan Yesus dan memastikan diri menggapa? Kehidupan saya kekal akhirat nanti.Kepastian menerima hidup yang kekal juga dapat menjadi sebuah pengaruh besar bagi perkembangan rohani saya , karena akan menjadi sebuah motivasi,inspirator,dan semangat bagi saya untuk memelihara, mempertahankan,dan meningkatkan kualitas ke-hidupan rohani dari hari ke hari sepanjang hidup saya.

    Jika saya belum memastikan diri telah memiliki hidup kekal,mintalah mentor rohani atau gembala sidang membibing saya agar mengerti dan merinema Tuhan yesus sebagai juru selamat pribadi,sehingga saya dapat memastikan diri telah memiliki kehidupan kekal.

    4.Meningkatkan Doa Pribadi Saya

    Seorang pemuda yang ingin membangun spiritualitas diri,perlu mengembangkan dan meningkatkan doa pribadi dalam hidupnya.Yesus Kristus sebagai Tuhan,tidaklah menjadi alasan bagi Dia untuk tidak berdoa.Dalam kapasitasnya sebagai seorang manusia sempurnya, Ia selalu meniapkan waktu dan menempatkan diri untuk berdoa siang dan malam(matius 4:1-11;14:23;17;1-13;26:36-42;27:46-50).Tuhan Yesus mengalokasikan waktu yang cukup banyak untuk berdoa,itu membuktikan bahwa doa menjadi elemen rohani yang sangat penting dalam hidup seseorang.

    Ada banyak definisi doa yang mungkin saya telah ketahui,tetapi dibawa saya telah merumuskan sebuah definisi doa.Definisi doa ini diharapkan membawa pemahaman baru tentang hakikat doa,yang kiranya dapat menolong saya.

    Doa adalah pengakuan dan penyerahan diri secara total kedalam rencana Allah.Definisi inimemiliki ada tiga(3) unsur pokok yaitu:

    a. Doa adalah sebuah pengakuan

    Doa bukan sekadar sarana,dao bukan sekadar komunikasi denganTuhan,akan tetpi,doa merupakan sebuah pengakuan kita di adapan Tuhan.kita berdoa berarti kita sedang mengakui dua hal pokok dihadapan Tuhan,yaitu:

    Pertama :Kita mengakui ketidak mampuan diri di hadapan Tuhan.

    Tokoh-tokoh seperti:Elia,Nehemia,Daniel,Daud,Salomo,Tuhan Yesus berdoa.Upaya –upaya mereka menujukan bahwa mereka tidak memiliki kemampuan apa-apa dalam menghadapi berbagai kondisi sulit.Pikioran,perasaan,sikap,dan tindakan mereka menjadi tidak mampu,tidak bertahan,tidak kuat,dan tidak sanggup tatkala menghadapi berbagai persoalan berat dalam hidup dan pelayanan.Persoalan-persoalan sulit sangatlah membahayakan diri mereka,pengikut mereka dan masa depan mereka.Mereka tidak mampu dan menghapi menjalani kondisi-kondisi sulit,itulah menyebabkan mereka harus berdoa untuk menyerahkan hati mereka,pikiran mereka,perasaan mereka,sikap mereka,keputusan mereka,dan tindakan mereka kerpada Tuhan.

    Status saya sebagai manusia sempurna,tidak akan berdaya dan tidak akan mampu menghadapi berbagai problema hidup ini.Untuk itulah saya datang berlutut dan berdoa kepada Tuhan.menyerahkan seluruh ketidakmampuan diri kepada pribadi yang memiliki kemampuan lebih atas segala sesuatu di dunia ini,yaitu Tuhan kita dalam yesus Kristus

    Kedua: Kita mengakui otoritas Allah;

    Tuhan Yesus dan berbagai tokoh alkitap telah berulang kali berdoa kepada Allah Bapa di surga.Hal ini memberikan makna bahwa,mereka semua mengakui Ke-maha-an Allah dan otoritas Allah.Mereka mengakui bahwa Allah Sajalah yang berkuasa,Allah saja berdaulat,Allah sajalah yang memiliki otoritas atas diri mereka dan segala ciptaan yang ada muka bumi ini.

    Pengakuan-pengakuan Raja Daud Jelas-jelas memberikan gambaran bahwa tidak ada seserang di dunia ini yang lebih hebat,selain Tuhan Allah.Salah satu pemazmur Daud menegaskan demikian: Jagalah aku,ya Allah,sebab pada-Mu aku berlidung.Aku berkata kepada Tuhan:Engkaulah Tuhanku,tidak ada yang baik bagiku selain Engkau”.(Mazmur 16:1-2).

    Pada saat saya berdoa,saya senang mengakui Ke-maha-an Allah dan keotoritasan Allah dalam hidup saya mengakui kekuasaan Allah,saya mengakui kekuasan allah saya mengaku kemampuan Allah, saya mengakui keperkasaan Allah,saya mengaku kehendak dan hati Allah.saya mengakui bahwa di dunia ini tidak ada sesuatu pribadi yang memiliki kuasa lebih,yang mampu mengantur dan menyelengarakan hidup saya kecuali,Allah dalam Yesus Kristus dengan segala otoritas,Dialah yang mampu merencanakan dan menyelengarakan totalitas hidup saya (Yeremia 29:11;Efetus 1;4-5;Yakobus 5:14-15)

    Apapun bentuk doa,metode doa,dan isi(materi) doa yang sampaikan kepada Tuhan,itu menandakan bahwa saya sedang mengakui ketidak mampuan diri di adapan Tuhan dan saya sedang mengakui otoritas Allah dalam hidup saya.

    b. Sebuah doa adalah penyerahan diri secara total

    D

    oa merupakan penyerahan diri secara total,artinya,tatkala saya berdoa,saya menyerahkan seluruh eksistensi diri atau kendimensian saya kepada Tuhan.kedimensian saya yang harus saya serahkan kepada Tuhan yaitu:tubuh,jiwa,dan roh (Trikotonomi )

    Penyerahan Tubuh

    Tubuh saya ini tidak mampu menghadapi segala tantangan dari saya sendiri dan dari luar diri saya .Tubuh saya tidak mampu menghadapi sakit penyakit ,tidak mampu menghadapi ancaman binatang buas,ancaman perampok,ancaman senjata tajam, senjata perang, kecelakan dan lain sebagainya .Untuk itu,tatkala saya berdoa, sebenarnya saya sedang mengakui ketidakmampuan tubuh saya di hadapan Tuhan.

    Tubuh saya sepenuhnya harus serahkan kepada Tuhan setiap saat.Firman Tuhan berkata:Karena itu, saudara-saudara,demi kemurahan Allah aku menasehatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenang kepada Allah;Itu adalah ibadahmu yang sejati”.(Roma12:1).Tubuh saya serahkan kepadaTuhan,sehingga kekuatan,kesemburnaan,dan keselamatan tubuh saya tetap didalam perlidungan dan pemeliharaan Tuhan.

    Penyerahan Pikiran/Jiwa

    Setiap orang di dunia ini,termasuk saya ,sering mengadapi berbagai kondisi sulit seperti:Sakit. Kesulitan keungan,kesulitan makanan ,kematian orang yang di kasihi,kesulitan pekerjaan,PHK,dikecelakaan,dsb.Kondisi –kondisi sulit seperti itu akan menyebabkan pikiran saya tidak aman, pikiran saya bisa menjadi kacau,tres,depresi,dsb.

    Pikiran/jiwa yang sedang tidak aman,kacau,tres,dan depresi,akan membuat saya bisa melakukan kejahatan dan dosa.Tatkala pikiran Hawa menjadi bimbang,ia mengikuti ajakan iblis dan berbuat dosa,tatkala pikiran kain menjadi kacau,Ia membunuh Habel,tatkala pikiran Yudas,tidak tenang ,Ia menjual Tuhan Yesus ,tatkala pikiran Petrus menjadi goncang,Ia menyangkal Tuhan Yesus.

    Pikiran saya patut serahkan kepadaTuhan,agar pikiran saya sesuai dengan pikiran kristus.Firman Tuhan berkata:”Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama,meneruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus”.(Filipi 2:5)Pikiran saya dibagi oleh di serahkan kepada Tuhan ,agar selalu di peliharaTuhan dan di bagarui oleh Tuhan setiap saat(Bandingkan:Efesus:4:23;lukas 14:45;Roma 12:2).

    Saya sebagai pemuda harus,mengakui bahwa ketidakmampuan pikiran hadapan Tuhan adalah mungkin.Sebagai generasi muda,banyak hal yang saya sedang pikirkan dalam hidup.saya tidak boleh menganggap remeh perihal “Ketidakmampuan pikiran-pikiran”ini.Tatkala saya berdoa,serahkanlah pikiran saya sepenuhnya kepada Tuhan.Tuhan akan merahmati kemampuan berpikir saya,kestabilan bepikir saya,dan kesempurnyaan pikiran saya sehingga saya mampu berpikir dengan baik dan benar dalam berbagai kondisi hidup.

    Penyerahan Roh

    Dalam diri saya terdapat Tuhan dan Roh kemanusiaan (kedagingan). Roh saya harus serahkan kepada Tuhan,agar kehidupan ini lebih di kendalikan dan di kuasai oleh Roh Tuhan.Jika tidak menyerahkan roh sepenuhnya kepada Tuhan,maka iblis akan mudah mempengaruhi dan menyerang roh kemanusiaan saya,sehingga,roh kemanusiaan ada di dalam diri saya akan lebih dominan dan menguasai kehidupan saya.Tuhan selalu menghendaki agar saya hidup di dalam Roh Tuhan, maka saya akan mampu hidup menghasilkan buah roh dalam kehidupan saya.(Lihat Roma 5:1-12;Galatia 5:22-23).

    c. Doa adalah sebuah rencana Allah

    Tatkala berdoa itu,bukan rencana dan keinginan saya semata tetapi itu adalah sebuah keinginan hati dan rencana Allah bagi saya.Ketika saya sedang memgalami keadaan yang jemu berdoa,Allah menggerakkan saya untuk kembali berdoa,ketika saya mengalami sesuatu,keberahasilan ,Allah juga menggerakkan saya untuk bersyukur

    Allah ingin agar saya berseru kepada-Nya setiap saat.Allah menghendaki saya bertekun dalam berdoa.Allah juga mengharapkan saya minta apa saja yang saya kehendaki dari Allah..(Badingkan:Yeremia 33:3;Kolose 4:2;Filipi 4:6). Partikel “lah” dalam kata kerja beberapa nas seperti: “Berserulah,bertekunlah,dll.,”Memberikan makna bahwa Allah menghendaki dan berharap agar saya senastiasa berdoa dan berseruh kepada-Nya,agar saya dapat mengetahui rencana Allah bagi saya.Semakin saya berdoa maka semakin saya mengetahui rencana Allah dalam hidup ini.Sebaliknya,semakin saya kurang berdoa itu berarti saya semakin kurang mengetahui rencana Allah dalam hidup saya

    5. Meningkatkan Pembacaan Alkitap saya

    Seorang pemuda patutlah mempelajari firman Tuhan setiap hari.Firman berkata: “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitap taurat ini,tetapi renungkanlah siang dan malam,supaya kamu bertindak hati-hati dengan segalah yang tertulis didalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung”.(Yosua 1:8)

    Setiap hari saya menghadapi berbagai situasi dalam hidup.Situasi-situasi tersebut bisa membawa saya kepada keadaan yang baik atau membawa saya akan keadaan yang tidak baik.Harus ada sesuatu pendoman atau “Suluh”yang dapat menolong saya,yaitu Firman Allah.Jika firman Allah menjadi suluh dan pendoman,maka saya akan mudah berhasil melewati jalan jalan sulit di sepanjang hari .Firman Tuhan berkata “Firman itu pelita bagi kaki ku dan terang bagi jalanku”(Mazmur 119:105)

    Firman Tuhan telah menjadi suluh dan pendoman dalam hidup,akan sangat berguna bagi saya untuk menghadapi ajakan,pengaru, bujukan,dan tarikan iblis.ketika iblis mempengarui untuk melakukan kejahatan,Firman Tuhaan akan mengigatkan saya,Firman Tuhan akan menegur saya,Firman Tuhan akan melarang saya,Firman Tuhn akan mengeraskan hati saya untuk tidak mengikuti pengaru dan ajakan iblis.

    Beberapa Anologi Firman Tuhan Dapat Di Kemukakan Bawah Ini.

    Firman Tuhan seperti air susu.(1petrus2:2)

    v FirmaTuhansam, seperti pelita(Mazmur119:105

    v Firman Tuhan sama seperti Undang –Udang (Mazmur19:10,11)

    v Firman Tuhan sama seperti Kompas(Mazmur 19:39)

    v Firman Tuhan seperti api(Yeremia23:29a)

    v Firman Tuhan sama seperti palu(mazmur23:29a)

    v Firman Tuhan seperti ikat pinggang(efetus 6:14)

    v Firman Tuhan seperti perisai(Epetus 6:16)

    v Firman Tuhan seperti ketopong(Efetus 6:17)

    v Firman Tuhan seperti pedang(Efetus 6:18)

    v .Firman Tuhan akan menjadi senyata (Iberani 4:12)

    v Firman Tuhan seperti Benih(Lkas 8:11,2kor 9.10,Yes 55:10)

    Analogi –analoogi Firman Tuhan yang di uraikan di atas jika di pahami dan di terapkan secara serius,maka akan menolong diri saya dan orang lain untuk mencapai keberhasilan di sepanjang perjalanan harian dan hidup saya.

    6. Meningkatkan Persekutuan Saya Dan Saudara Seiman.

    Seorang pemuda hendaknya membangun hubungan yang lebih banyak, lebih luas,dan lebih besar kepada dan terharap sesama orang percaya .Hubungan dimaksud akan dicipta, ,jikalau saya berupaya hadir dalam setiap pertemuan orang –orang seiman saya.kehadiran saya dalam persekutuan akan membawa saya menikmati rasa kebersamaan,kekelurgaan,dan persaudaraan seiman.Firman Tuhan menegaskan:

    “Dan saling memperhatikan supaya saya saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan”(Ibrani 10:24)

    Didalam sebuah persekutuan,mereka akan memperhatikan,menolong,melengkapi,dan mendorong kemajuan rohani saya.Saya akan menerima nasehat,pengajaran,dan pembibingan untuk menjadi seorang murid Kristus tulen,bertumbuh,dan berbuah di dalam Kristus.

    Persekutuan saya hendaklah di mulai dari keluarga.Saya dan keluarga boleh membangun persekutuan melalui doa bersama,penyembahan bersama,dan sharing Firman Tuhan secara bersama sama.selain itu saya juga mencari peluang untuk mengembangkan dan melibatkan diri dalam persekutuan-persekutuan yang dikembangkan di gereja atau tempat lain.Jikalau saya semakin meningkatkan persekutuan di antara sesama sauara seiman secara sungguh-sungguh,maka saya akan semakin bertumbuh dalam Tuhan Yesus

    7. Meningkatkan Ibadah Saya

    Milikilah keinginan kerinduan hati untuk selalu beribadah di gereja tempat saya terdaftar sebagai masyarakat gereja.Kengiatan ibadah sangatlah diperlukan dalam kehidupan seorang pemuda,karena akan membawa peneguhan dan pertumbuhan rohani pribadi saya.Raja Daud mengungkapkan peryataan seperti berikut:

    “Aku bersukacita,ketika di katakan orang kepadaku,Mari kita pergi ke rumah Tuhan.”(Mazmur 122:1)

    Raja Daud mempunyai berbagai alasan,mengapa Ia mengalami sukacita ketika berada rumah Tuhan.Ia tahu bahwa di rumah Tuhan ada pemuliahan,di rumah Tuhan ada makanan Rohani,urmah Tuhan ada pentunjuk hidup yang terbaik ,di rumah Tuhan,Ia dapat menyampaikan isi hati (Pergumulan) kepada Bapa di surga dan di rumah Tuhan Ia memperoleh hidup yang sebenarnya.

    Pastikan diri saya telah menjadi angota tetap sebuah organisasi gereja.Beribadahlah secara teratur dan konsisten di gereja sata telah mendaftar.patuhi semua hukum dan budaya gereja yang berlaku ,Laksanakan semua tugas dan kewajiban saya secara benar sesuai dengan tugas,status,dan jabatan saya.Kaktifan dan kekonsistesan saya beribadah di rumah Tuhan,tidak akan menjadi sia-sia. Saya akan menemui dan mengalami pemulihan-pemulihan jauh lebih baik dan berharga di hadapan Tuhan.

    8. Meningkatkan Kesaksian Atau Penginjilan Pribadi

    Kebanyakan pemuda masih berpendapat bahwa kesaksian atau penginjilan adalah tugas dari pendeta,penatua,gembala sidang,majelis gereja,mahasiswa Teologi,atau orang-orang khusus di latih secara teratur dalam gereja atau organisasi.pendapat atu pemahaman dimikian adalah kekeliruan besar,Mengapa?Karena saya bependapat demikian sedang memiliki dua kekeliruan,Yaitu:

    · Saya tidak bertanggung jawab dalam Amanat Agung Tuhan Yesus (Matius 28:19-20;Markus 16:15-16)

    · Saya sedang tidak melatih dan meningkatkan pertumbuhan rohani saya sendiri.Saya mau katakan kepada, siapa aja bahwa tugas penginjilan atau kesaksian adalah tugas setiap orang percaya ( matius 28: 19 ; Markus 16 : 15 – 16 ) termasuk saya sebagai pemuda kristen. Jikalau saya mengambil bagian dalam kegiatan penginjilan, itu berarti bukan saja menjalankan amanat agung Tuhan Yesus, tetapi saya juga sebenarnya sedang melatih, mengembangakan dan meningkatkan pertumbuhan rohani diri sendiri. Pernyataan ini berdasarkan beberapa alasan seperti berikut:

    v Saya pasti selalu berdoa sebelum melakukan penginjilan, selalu berdoa pada saat sedang melakukan penginjilan,dan selalu berdoa setelah saya selesai melakukan kengiatan penginjilan.itu berarti,sudah secara langsung saya sedang meningkatkan volume rohani meningkatkan melalui jam doa saya.

    v Saya pasti membaca Firman Tuhan,sebagai bahan persiapan penginjilan saya.Itu berarti:Saya meningkatkan volume pembacaan firman Tuhan,hal mana peningkatkan volume pembacaan alkitap akan berpengaruh langsung kepada peneguhan hati,iman,dan kepercayaan saya kepada Allah.

    v Saya pasti selalu menyaksikan hasil penginjilan saya di persekutuan saya (di rumah /di gereja).Itu berarti,saya sedang meningkatkan rohani saya melalui penigkatan persekutuan doa di antara saudara-saudara seiman.Saya akan semakin di kuatkan atau di dorong oleh saudara-saudara seiman dalam pertumbuhan rohani dan pelayanan.

    Tiga(3) alasan tersebut di atas menujukan bahwa adanya hubungan positif antara kenngiatan penginjilan (kesaksian pribadi) dengan pertumbuhan rohani saya.Semakin meningkat penginjilan saya,maka saya akan semakin meningkat pertumbuhan rohani diri saya.

    9 . Mengembangkan Buah Roh Dalam Hidup Saya.

    Rasul Paulus menegaskan kepada jemaat Galati bahwa setiap orang percaya(jemaat)hendaknya hidup menurut roh dan menghasilkan buah roh yang telah Dirahmati Tuhan kepada mereka .sebab,hidup di dalam roh sajalah seseoang akan berkenan dan berada dalam lingkup pemerintahan Allah,Buah roh yang di tegaskan dalam Galatia 5:16-21 terdiri atas sembilan (9),Yaitu,

    1.Kasih;

    2.Sukacita;

    3.Damai Sejahtera

    4.Kesabaran;

    5.Kemurahan;

    6.kebaikan;

    7.Kesetiaan;

    8.Kelamahlembutan;

    9.penguasaan diri.

    Buah roh tersebut dapat saya kembangkan atau hidupi dalam hidup saya seperti berikut:

    Mengebangkan Kasih Dalam Hidup Saya.

    A

    pabila saya memperhatikan karya Allah bagi dunia ini,maka saya menemukan bahwa KASIH menjadi satu-satunya alasan pokok atau dasar bagi Allah bertindak menyelamatkan manusia dari segalah jenis kebinasaan.Hal ini benarkan dalam Injil Yohanes seperti berikut

    “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia, sehingga Ia telah mengaruniakan anak yang Tunggal,supaya setiap orang percaya kepada Nya tidak binasa,melainkan memperoleh hidup yang kekal”.(Yohanes 3.16).

    Tidak ada alasan bagi saya untuk tidak mengembangkan kasih dalam hidup saya.Kasih menjadi hukum yang terutama bagi setiap orang percaya,sehingga wajib di wujud dalam segala keberadaan.Kasih adalah pemberian nilai hidup yang baik kepada sesuatu opyek (Allah,Manusia,ciptaan yang lain)Alkitap secara tegas menyatakan bahwa sekalipun kita memiliki segala isi dunia ini,sekali pun mempunyai iman besar,sekalipun kita mempunyai karunia-karunia besar,tetapi,jika kita tidak mempunyai kasih,maka semuanya itu tidak ada artinya (Lihat 1.Korintus 13:1-13)

    Seorang pemuda hendaknya memiliki kasih dan senantiasa menghidupinya dalam segala lingkup hidup.Saya harus menujukan kasih kepada Allah dan juga kepada orang lain di sekitar saya.Dalam masa muda ini,jika saya memulai menghidupi kasih,maka saya mempunyai banyak kasih dalam hidup,karena saya masih mempunyai umuer atau waktu yang panjang.

    Ada seorang umurnya sudah tua,ia pernah berkata kepada saya demikian “Saya menyesal karena usia saya sudah tua barulah mengerti kasih Allah dan mulai menghidupi dalam hidup saya.Mengapa saya tidak memulai kasih saya dari masa muda saya”.Ungkapan orang tua ini menujukan bahwa ia menyesal dengan dirinya,karena kasih ia nyatakan,waktunya tidak lama lagi (singkat).Pengalaman orang tua ini memberikan pelajaran kepada saya bahwa , usia muda adalah sebuah kesempatan dan peluang untuk memiliki dan berbuat kasih,karena kita akan mempunyai Investasi kasih yang banyak atau panjang dalam perjalanan hidup

    9.2 M.engembangkan sukacita dalam hidup saya.

    Setiap orang dituntut mengembangkan sukacita dalam hidup.Firman Tuhan menyatakan bahwa: “Oleh sebab itu saya bersukscita karena DIA”(Mazmur 66:6).saya besukacita karena Allah sumber sukacita mampu merahmati sukacita itu dalam hidup.saya berada dalam kandisi yang baik, dan kondisi yang tidak baik pun Allah tetap memberikan sukacita.Sukacita yang Allah berikan adalah sukacita sejati.Sukacita sejati akan mampu mengubah hati,pikiran dan sikap saya yang sedang tidak sukacita. Firman Tuhan mengatakan sebagai berikut: “Bersukscitalah dalam Tuhan,sekali lagi kukatakan “Bersukscitalah”(Filipi4:4)

    Seorang pemuda perlu memiliki dan menghidupi sukacita dalam hidup.Sukacita akan menjadi sebuah obat untuk mengobati hati yang sedih,pikiran yang kacau,dan bimbang.Sukacita akan melenyapkan semua hal yang menyakitkan,semua hal yang memberatkan ,semua hal yang membawa kependihan dan duka.ketika saya berada dalam segala keadan yang buruk,merugikan,dan membahayakan,maka sukacita ada pada saya akan mampu mengarahkan fokus hidup pada kepada titik-titik kehidupan yang lebih cepat,Yaiyu,titik ketenangan,titik

    kedamaian,titik keamanan,titikkemenangan.dan titik pengharapan.

    9.3 Mengembangkan Damai Sejahtera Dalam Hidup Saya

    Allah adalah sumber damai sejahtera bagi setiap orang percaya.Keadiran Allah dalam hidup saya secara pribadi,akan membawa damai sejahtera didalam hidup saya.

    Pemuda yang membawa damai akan di hormati,pemuda yang membawa damai akan di hargai,pemuda yang membawa damai akan di percaya,pemuda yang membawa damai akan di puji,dan pemuda yang membawa damai akan memiliki orang-orang baik dalam hidup.

    Milikilah damai yang sejati itu,Dan hiduplah kapanpun dan di manapun saya berada.Orang yang menyatakan damai dalam hidup adalah orang yang beruntung,karena anak di sebut akan anak Allah.Firman Tuhan berkata: “Berbagagialah oang yang membawa damai,karena mereka akan di sebut anak Allah” (Matius 5:9).

    9.4 Mengembangkan kesabaran dalam hidup saya

    Seorang pemuda di tuntut untuk mengembangkan kesabaran dalam hidup.Ada pepata kuno mengatakan “Orang sabar akan menjadi subur.

    Kesabaran memang wajib di miliki dan di hidupi dalam berbagai kondisi.Karena,kesabaran memiliki buah yang berharga dalam hidup saya.

    Pemuda sering memiliki ketederungan karakter dan sikap yang kasar,tidak sabar,dan penuh emosional.Tetapi,tidak demikian bagi orang pemuda.Pemuda perlu memiliki dan mewujudkan kesabaran dalam segalah kondisi dan segala aspek hidup.Kesabaran akan membuat saya seperti berikut:

    v Tenang dalam berpikir,bersikap,dan bertindak

    v Keputusan dan pilihan yang biak dan tepat.

    v Menguasai diri,orang lain, dan lingkungan.

    v Diakui tuhan dan orang lain,dan linkungan.

    v Menujukkan kematangan hidup saya.

    9.5 Mengembangkan kemurahan dalam hidup saya.

    Harus diakui dan di yakini,bahwa Allah adalah pemurah.Kemurahan Allah telah dirasakan.dinikmati dan tetap nyata dalam hidup saya.Kemurahan Allah menjadi model bagi saya untuk mengembangkan kemurahan dalam hidup.

    Perupamaan tentang kemurahan hati seorang Samaria yang dipaparkan Tuhan Yesus dalam Lukas 10:25-27,menyimpulkan bahwa,orang Samaria itu akan mendapat kemurahan dari Allah,karena ia telah bermurah hati dengan orang lain yang tidak di kenal.Tuhan Yesus dalam khotbah-Nya dibukit,mengatakan bahwa: “berbagagialah orang yang murah hatinya karena mereka akan beroleh kemurahan”(Matius 5:7).

    Jika saya ingin memperoleh kemurahan,maka milikilah dan hidupilah kemurahan kapan saja,di mana saja,dan kepada siapa saja.Penghidupan kemurahan adalah sebuah benih yang tertabur baik dan suatu saat akan menghasilkan buah bagi saya sendiri dan orang lain.

    9.6 Mengembangkan kebaikan dalam hidup Saya

    Kebaikan hati sebagai buah roh yang penting pula bagi setiap orang.Kebaikan hati harus di wujudkan dalam segala keberadaan saya,baik dalam keadaan senag maupun susah,kebaikan hati saya tetap dinyatakan.Orang yang menyatakan kebaikan hati kepada orang lain ,akan menjadikan dirinya di terima dimana saja, dan oleh siapa saja.

    Rasul Paulus menegaskan demikian “Hendaklah kebaikan hatimu di ketahui semua orang”(Filipi 4:5a)

    Kebaikan hati adalah sebuah nilai diri saya harus dirasakan atau dinikmati oleh orang lain di sekitar saya.kebaikan hati sebuah perwujudan fungsi “terang-garam” di tengah dunia yang sangat Allah inginkan dan harapkan .

    Kebaikan hati harus ditunjukan kepada semua orang di sekitar saya.Baik kepada teman pergaul,teman studi,teman seiman,orang tidak seiman maupun kepada orang-orang yang memusuhi saya .Kebaikan hati seharusnya ditunjukkan kepada siapa saja,dan kapan saja.

    9.7 Mengembangkan Kesetiaan Dalam Hidup Saya

    Allah sungguh setia dalam hidup saya,Kesetiaan Allah itu kekal,tidak dibatasi oleh apapun,bagaimanapun keadaan saya di adapan-Nya.Oleh karena Allah sangat setia dalam hidup saya,maka sayapun harus setia kepada-Nya.Sebab orang-orang setilah yang akan menerima mahkota kehidupan.Firman Tuhan berkata: “Hendaklah engkau setia sampai mati,dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan”(Wahyu 2:10c).

    Kesetiaan saya kepada Allah bukan haya pada saat berada dalam keadaan baik,sehat,sukses,dan berlimpah saja,tetapi,kesetiaan tetap dinyatakan tatkala saya berada dalam berbagai kondisi sulit.Karena,kesetiaan saya teruji tatkala saya mampu menunjukan kesetiaan masa-masa sulit.

    9.8 Mengembangkan Kelemahlembutan Dalam Hidup Saya

    Kelamahlembutan merupakan salah satu buah roh yang perlu di kembangkan dalam hidup saya .Tuhan Yesus dalam khotbah-Nya di “Bukit”menegaskan hal sebagai berikut: “Berbagagialah orang yang lemah lembut,karena akan memiliki bumi”(Matius 5:5)

    Jika ingin memiliki bumi,maka haruslah menyatakan kerlemahlembutan kepada siapa saja,kapan saja,dan di mana saya.Kelemahlembutan yang saya tunjukan kepada orang lain,akan membuat saya di terima siapa saja,dan di mana saja,saya akan memiliki orang baik yang banyak dalam kehidupan saya,dan saya akan mempunyai lingkup pergaulan yang banyak atau luas.

    9.9 Mengembangkan Penguasaan Diri Dalam Hidup Saya

    Tuhan Yesus sebagai figur membuktikan diri sebagaiseorang anak Allah yang mampu menguasai diri dalam kondisi sulit.Ia menguasai diri dari kondisi kekurangan makanan(Puasa di padang gurun selama 40 hari),menguasai diri ketika iblis mencobai,dan menguasai diri ketika dianiaya fisik.Hasil akhir penguasaan diri Tuhan Yesus melahirkan kemenangan besar bagiNya.

    Penguasaan diri saya hal buruk bagi yang ada pada diri saya mampu hal-hal sulit dari luar,akan menuntut langka saya melihat tangan kasih dan karya Allah dalam hidup.Allah akan merahmati kesuksesan dan kemenangan besar bagi setiap orang yang mampu menguasai diri tatkala menghadapi berbagai kondisi sulit dalam hidup.

    Saya mau katakan kepada saya, bahwa kunci kesuksesan hidup seseorang tidak terletak pada kemampuan ilmu pengetahuannya, bukan pada kepintarannya, bukan pada kebanyakan pengalaman hidupnya,bukan pada keseniorannya,bukan pada kepemipinannya,bukan pada manajemennya,bukan pada kebanyakan hartanya,bukan pada keahliannya,bukan pada cita-cita besarnya.Tetapi,kesuksesan hidup seorang terletak pada jauh mana miliki dan menghidupkan buah roh secara benar dan konsisten sampai akhir hidup (sampai mati).Jadi,sukses adalah pemilikan dan penghidupan buah roh sepanjang hidup di dunia ini.

    * Mengembangkan Buah Roh Dalam Hidup Saya

    Ditegaskan dalam( Galatia 5:16-21) terdiri atas senmbilan yairtu :

    * Kasih (Yohanesn3:16 dan 1korintus 13:1-13)

    * Suka cita(Mazmur 66:6 dan Filifi 4:4)

    * Damai Sejahtera,(Matius 5:9)

    * Sabar(kesabaran akan membuat saya seperti

    v Tenang dalm berpikir,bersikap,dan betindak.

    v Keputusan dan pilihan yang bijak dan cepat.

    v Menguasai diri,Orang lain,dan lingkungan.

    v Diakui Tuhan dan orang lain dalam hidup saya

    v Menujukan kematangan hidup saya

    * Kemurahan(Lukas 10:25-37dan Matius 5:7)

    * Kembaikan (Filipi 4:5a)

    * Kesetiaan(Wahyu 10:10c)

    * Kelemahlembutan(Matius 5:5)

    * Penguasaan diri(sukses adalah pemilian dan pengidupan buah Roh sepanjang hidup di dunia

    10.Mengadakan Evaluasi Rohani Saya Sendiri.

    Evaluasi kerohanian diri adalah sebuah tindakan kontroling terhadap keadaan dan pengembangan kerohanian diri sendiri.Seorang pemuda perlu mengevaluasi kerohanian diri saya,karena dengan melakukan evaluasi rohani,saya mampu mengetahui dan memahami keadaan kerohanian diri yang sebenarnya (sejelasnya),yang sesuai dengan stadar Tuhan Allah.Saya akan menyadari diri dan merencanakan diri untuk membersihkan hal-hal yang menjadi penghalang dan penghambat dalam pertumbuhan rohani.Dengan cara itu,saya mampu membangun kerohanian diri dengan baik dan benar serta menjadi sebuah mendia pembagaruan bagi kemajuan dan pertumbuhan rohani orang lain di sekitar saya.Firman Tuhan meneguhkan seperti berikut:

    “Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudara mu,sedangkan bolok didalam matamu sendiri tidak engkau ketahui?,Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudara mu: saudara biarlah aku mengeluarkan selumbar yang ada di dalam mata mu,padahal bolok yang ada di mata mu tidak engkau lihat?,Hai orang munafik,keluar dahulu..

    Evaluasi Kerohanian Diri Meliputi Hal Hal Seperti Berikut:

    * Sejauh mana hubungan intim saya dengan Tuhan.

    * Sejauh mana ketaatan saya.

    * Sejauh mana iman saya.

    * Sejauh mana penerapan buah roh dalam hidup saya.

    * Sejauh mana dalam doa-doa saya.

    * Sejauh mana ibadah saya.

    * Sejauh mana tugas penginjilan saya.

    * Sajauh mana persekutuan saya dengan Tuhan dan sesama.

    * Sejauh mana kesucian hidup saya.

    Firman Tuhan Meneguhkan Sebagai Berikut. “Sebab sekalipun kamu,ditinjau dari sudut waktu,sudah seharusnya menjadi pengajar,kamu masih perlu lagi di ajarkan asas-asas pokok dari pernyataan Allah,dan kamu masih memerlukan susu,bukan makanan keras,sebab barang siapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran,sebab ia adalah anak kecil”(Ibrani 5:12-13)

    Firman Tuhan di atas menegaskan,bahwa kerohanian seorang harus bertumbuh dan kuat dari waktu ke waktu.kerohanian tidak boleh statis atau berjalan di tempat ,Setiap orang percaya perlu membuat melangkah-langkah praktis untuk membangun kerohanian diri secara baik,agar mencapai kemajuan dan peningkatan kerohanian diriyang lebih baik,dan itu dapat di lakukan dengan cara mengadakan evaluasi kerohanian diri sendiri.

    Lihatlah kerohanian saya ,sebelum melihat kerohanian orang lain,perhatikanlah kerohanian saya,sebelum memperhatikan kerohanian orang lain,dan majukanlah kerohanian saya,sebelum memajukan kerohanian orang lain.

    Kerangka kunci tentang tanggung jawab saya sebagai serang pemuda dalam menangani spiritualitas diri,meliputi sepuluh (10)Langka praktis,yaitu:

    * engakui adanya sebuah kekuatan ilahi(rohani)yang sedang mengalir dalam hidup saya.

    * Memiliki seorang mentor rohani dalam hidup saya.

    * Memastikan telah menerima Yesus Kristus sebagai juruselamat pribadi saya.

    * Meningkatkan doa pribadi saya.

    * Meningkatkan pembacaan Alkitap saya.

    * Meningkatkat persekutuan saya.

    * Meningkatkan ibadah saya.

    * Meningkatkan kesaksian atau penginjilan pribadi saya.

    * Menghasilkan buah roh di dalaam hidup saya.

    * Mengevaluasi kerohanian diri saya.

    *

    B. BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP KESEHATN DIRI

    A

    da sebuah ungkapan klasik mengatakan demikian:

    “Men sana in core poro sana”,yang berarti di dalam tubuh yang sehat ,terdapat jiwa yang sehat.

    Peribahasa tersebut di atas menjelaskan bahwa,betapa pentingnya kesehatan tubuh bagi manusia.Kesehatan tubuhternyata mempunyai hubungan yang sangat erat dengan dimensi manusia secara utuh .Tubuh yang berada kondisi sehat.

    Akan menpengaruhi kesehatan jiwa/pikiran bahkan mempengaruihi menmpengaruhi pula kerohanian saya.

    Saya sebagai seorang pemuda gereja, jangan meremehkan kesehatan diri saya.Kesehatan diri saya saat ini,akan berpengaruh besar terhadap keadaan dan kebenaran masa yang akan datang .Keutuhan dan kesemburnaan kesehatan saya di hari esok,sangat di pengaruhi pula oleh penataan kesehatan-kesehatan diri sekarang. Kesehatan diri saya harus di pikirkan,diperhatikan,dan dimanajemen secara serius pada saat ini.Orang lain di sekeliling saya tidak akan mampu berbuat apapun terhadap kesehatan diri saya.jika saya sendiri lelai dan tidak bertanggung jawab terhadap kesehatan pada saat ini.

    Saya mempunyai peluang untuk membaca literatur-literatur yang secara khusus membahas tentang penanganan kesehatan diri.Namun, dibawah ini saya mencoba mengetengahkan beberapa langka umum tentang penanganan kesehatan diri seorang pemuda.

    Ada beberapa hal yang perlu pahami dan di perhatikan secara serius sebagai perwujudan tanggung jawab saya terhadap kesehatan diri saya sendiri.Hal-hal dimaksud adalah sebagai berikut

    1 . Memehami Keajaiban Tuhan Dalam Diri Saya

    Keajaiban Tuhan kepada saya dan dalam diri saya hendak di pahami secara serius.Saya berasal dari dua buah sel,Yaitu sel telur dan sel sperma yang menjadi satu benih baru.benih ini berada di satu “Titik” kemudian tubuh dan berkembang organ demi organ secara lengkap dengan fungsinya masing masing .Setelah usia saya 9 bulan di dalam rahim,rahim diizinkan Tuhan lahir kedalam dunia melalui jalan lahir yang sukar dan sulit,yang pada akhirnya saya di besarkan pangkuan ayah dan bunda.Saya mulai berubah dan bertumbuh tahun demi tahun hingga memasuki usia pemuda seperti saat ini.proses perkembangan diri saya sejak berada dalam rahim hingga usia saat ini,bukanlah suatu kebetulan atau sebuah proses biologis biasa,tetapi ini adalah sebuah proses hidup yang dirancang Tuhan secara sengaja bagi saya. .

    Perhatikan dan ingatlah beberapa pengalaman yang pernah dengar,di lihat dan di alami di sekeliling saya ,sejak usia anak-anak sampai saat ini.Saya pernah melihat atau mendengar teman-teman atau orang lain mengalami kecelakaan fisik seperti patah tulang,anggota tubuh terpong,dll.,tetapi tubuh saya tidak mengalaminya.Saya pernah melihat atau mendengar ada teman-teman atau orang lain di sekitar yang mengalami penyakit kronis hingga masuk opname di rumah sakit,tetapi saya tidak mengalaminya.mungkiin pada saat saya memasuki usia anak-anak,remaja,dan pemuda,pernah melihat dan mendengar teman-teman atau orang lain seusia saya telah meninggal dunia ,tetapi saya tidak mengalami apa-apa hingga saat ini.pengalaman saya seperti itu,membuktikan bahwa saya di rahmati Tuhan suatu kesehatan diri yang ajaib,indah,dan menyenangkan.itu berarti,tidak ada alasan bagi saya untuk tidak memahami keajajiban Tuhan dalam diri saya secara serius,karena,jika memahami keajajiban dengan benar keajajiban Tuhan,maka saya akan sadar diri dan semakin bertanggung jawab memperhatikan dan menangani kesehatan diri sendiri secara maksimal dan bertanggung jawab.

    2. Memahami Arti Kesehatan Diri

    S

    eorang pemuda hendaknya memahami arti pentingnya kesehatan diri.pemahaman benar dan sungguh-sungguh yang dimiliki ,akan menolong saya untuk berpikir,bersikap,dan bertindak menangani kesehatan diri secara sungguh-sungguh.Kesehatan diri harus di angkap sebagai sebuah kebutuhan pribadi permanen,artinya,tidak ada alasan bagi saya untuk tidak memikirkan,tidak merencanakan,dan tidak menangani kesehatan.Kesehatan saya merupakan faktor atau elemen penting dalam hidup.Kesehatan diri turut akan menentukan maju mudur dan rugi perjalanan hidup saya,bahkan mempengaruhi kehidupan kelangsungan hidup orang lain.Misalnya:Jika saya sedang rawat rumah sakit,keadaan itu akan membawa banyak sekali pengorbanan.Pengorbanan waktu saya dan pengorbanan orang-orang merawat saya;Pengorbanan uang saya dan pengorbanan uang orang lain;pengorbanan pikiran saya dan pengorbanan pikiran keluarga atau orang lain dsb.

    Dengan demikian,saya harus memahami dan menyadari bahwa,kesehatan diri merupakan sesuatu kebutuhan yang berarti dan penting untuk di pikirkan,di perhatikan dan ditangani secara seris dan terus menerus selama saya masih hidup.

    3. Memelihara Kesehatan Diri saya

    Setelah saya memahami keajajiban Tuhan bagi diri saya dan memahami arti pentingnya kesehatan diri. Maka langka berikutnya merawat dan memelihara kesehatan diri saya.perawat dan pemeliharaan kesehatan diri meliputi dua tindakan; yaitu,melakukan percengahan kesehatan (Preventive) dan melakukan pengobatan kesehatan (Curative).kedua tahap ini saya perlu memperhatikan dan melakukan dengan sebaik-baiknya.Jika saya belum mengalami sesuatu penyakit,maka rencanakan dan lakukanlah tindakan pencengahan kesehatan saya dengan baik.Dan jika saya sudah menderita sesuatu penyakit,maka segerahlah melakukan pengorbanan secara serius.Ada beberapa langka upaya penanganan dan pemeliharaan kesehatan saya sebagai berikut:

    a, Menjaga Kesehatan Melalui Makanan Dan Minuman Sehat.

    Seorang pemuda perlu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh secara serius.Jika kesehatan tubuh terganggu,maka itu sesuatu kesulitan hidup atau persoalan berat bagi orang yang mengalaminya, karena, kemungkinan-kemungkinan dampak buruk bagi orang tersebut, antara lain: penderitaan berkepanjangan dan atau maut yang menjemput.

    Salah satu cara untuk seseorang menjaga kesehatan tubuh adalah membiasakan diri menkonsumsi makanan dan minuman yang sehat . makanan dan minuman sehat yang saya konsumsi akan menunjang kesehatan diri saya. Makaanan dan minuman saya harus diyakini mengandung standar kesehatan seperti berikut: bersih, segar, matang, bervitamin, berprotein, berkalori, tidak mengandung soda yang berkelebihan, tidak mengandung alkohol yang berkelebihan , tidak mengandung nikotin yang berkelebihan, dsb. Makanan dan minuman yang mengandung nilai gizi tinggi akan memberi kekebalan tubuh dan mampu mencegah benih-benih penyakit yang bertumbuh dalam tubuh saya..

    b.Menjaga Kesehatan Organ Tubuh

    S

    eorang pemuda perlu menjaga kesehatan tubuh bagian luar.kesehatan tubuh bagaian luar meliputi penis,vagina,buah dada,gigi,mata telinga,kulit rambut,bulu kaki,bulu mata,bulu tangan ,dan bulu ketiak,dll.kesehatan bagian tubuh harus di perhatikan dan di tangani dangan baik agar tetap bersih,stabil dan sehat.

    Penanganan kesehatan tubuh luar dapat di lakukan dengan cara-cara seperti mandi yang teratur ,membersihkan gigi secara teratur,mengenangkan pakaian yang bersih,mengenangkan alat kaki secara teratur,mengkomsumsi makananan yang mengandung gizi,mengikuti jenis olah raga yang cepat,istirahat yang teratrur dan melakukan kontrol kesehatan kedokter secara teratur.

    Saya juga perlu menghindari Perbuatan dan hal-hal lain yang menganggu kesehatan tubuh bagian luar seperti: Merangsangkan alat kelamin saya (onani/mastrubasi), melakukan seks bebas,pengenaan pakaian kotor,pemakaian kosmetik yang tidak cocok /bekelebihan,pemakaian tata kulit pengisapan sabu-sabu/gaja,rokok dll.Hal-hal ini bukan saya mengganggu dan merusak kesehatan saya,tetapi adalah merupakan sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai etik-moral,budaya,dan hukum Tuhan.

    C.Menjaga Keseimbangan Emosi.

    T

    uhan Yesus memberikan suatu pelajaran-pelajaran berharga tentang penanganan keseimbangan emosi kepada umat percaya.Tatkala melakukan berbagai kengiatan pelayanan(aktivitas),Ia menyadari dan tahu bahwa kondisi emosinya mencapai titik keletihan dan kejenuhan.di saat berada dalam titik seperti ini,Tuhan Yesus mengalokasikan waktu untuk melakukan istirahat dan berusaha menyediri tempat-tempat tertentu.Posisi kesendirian Tuhan Yesus itu bukan saja berdoa atau berpuasa,tetapi Ia berusaha menyenangkan hati,pikiran,dan perasaan,Ini dimaksudkan

    untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan emosi diri-Nya.

    Seorang pemuda perlu menangani keseimbangan emosi.Berbagai kengiatan, berbagai pelayanan,dan berbagai kondisi,sulit yang saya adapi dan jalani setiap saat.Kondisi-kondisi akan melehtikan,menyenuhkan,bahkan mengacaukan emosi saya.Kondisi emosi saya tidak aman atau tidak stabil,akan membuat pikiran,sikap,keputusan,dan tindakan saya keliru,salah, bahkan membawa masalah besar bagi diri saya dan orang lain.salah satu cara untuk menolang saya adalah perlu melakukan keseimbangan emosi dengan cara istirahat secukupnya,rekrteasi secukupnya,dan memiliki waktu dan tempat khusus untuk menenangkan diri.

    Cara seorang pemuda harus bertanggung jawab terhadap kesehatan diri adalah:

    1. Memahami keajajiban Tuhan dalam diri saya.

    2. Memahami arti kesehatan diri.

    3. Memelihara kesehatan diri,dengan memperhatikan tiga (3) langka,Yaitu:

    3.1.Menjaga kebersihan makanan dan minuman sehat.

    3.2.Menjaga kesehatan organ tubuh luar.

    3.3.menjaga keseimbanga emosi.

    C. BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP PENDIDIKAN DIRI SENDIRI

    Beberapa tahun yang lalu saya melihat keluarga yang tergolong orang-orang berkecukupan.Mereka memiliki rumah besar,beberapa mobil,penghasilan tinggi,dan beberapa anak sarjana dan telah mendapatkan pekerjaan yang layak.Namun demikian,salah satu anak putra keluarga ini berpendidikannya hanya berijazah SMU dan tidak bekerja.mendengar latar belakang anak tersebut,terlihat bahwa anak tersebut tidak memperhatikan pendidikan dan menjalani pendidikannya secara teratur dan baik,walaupun orang tuanya memberikan perhatiannya menyediakan segala fasilitas dan kebutuhan pendidikan yang di perlukan anak.sewaktu sekolah ia selalu berpindah sekolah,bergaul bebas dan tidak terkendali,tatkala masuk penguruan tinggi,sifat dan pergaulannya di masa SMU tidak berubah.Tempat kuliahnya selalu berpidah sekolah,bergaul bebas dan tidak terkendali. Tatkala masuk penguruan Tinggi yang lain pergaulan pun tetap tidak terkendali.Ia sering berkumpul dan beraktifitas sebagai perokok aktif,pemabok aktif,Pelaku Narkoba,dsb. Hasilnya,ia tidak menyelesaikan study di pengguruan Tingggi,Sekarang Ia menjadi seorang anak yang tidak produktif dalam keluarga,bahkan Ia menjadi beban bagi keiarganya.

    Kisah ini membuktikan bahwa,kemampuan orang tua dan kekayaan orang tua,tidak menjadi tolak ukur bagi keberhasilan pendidikan seorang pemuda.Faktor lain yang amat penting di sini adalah,betapa pentingnya saya sendiri merencanakan dan memperhatikan pendidikan saya secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

    Hal-hal yang saya perlu perhatikan agar saya menjadi orang yang bertanggung jawab terhadap pendidikan diri sendiri adalah seperti berikut

    1 .Memahami Arti Dan Fungsi Pendidikan.

    Seorang pemuda perlu memahami arti dan pentingnya pendidikan bagi diri sendiri.Pemahaman akan arti pentingnya pendidikan,akan menolong diri sendiri untuk menyikapi kengiatan pendidikan dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

    1.1 Memahami Arti Pendidikan

    Pendidikan memiliki arti yang sangat penting bagi diri saya.Pendidikan menjadi sebuah ladang perbekalang (ilmu),dimana ladang tersebut akan menghasilkan bekal bagi saya akan dalam perjalanan hidup.

    Betapa tidak! Pendidikan akan membekali saya dalam melayani masa kini dan masa depan.Jenis pendidikan apa saja,jenjang apa saja,dan dimana saja saya berada menyalani pendidikan,akan sangat menolong dalam berbagai aspek hidup.sesuatu hal saya tidak tahu kerja kartena pendidikan.Sesuatu hal yang tidak mencapai tetapi saya akan mencapai karena pendidikan.

    Pemahaman arti pendidikan yang serius akan menolong saya memikirkan, merencanakan, dan menjalankan pendidikan saya dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

    1.2 Memahami Fungsi Pendidikan Bagi Diri Saya.

    Udang-Udang Republik Indonesia No 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan pada bab II Pasal 3 menjelaskan bahwa pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia,termasuk saya sebagai pemuda.

    Fungsi pendidikan yang tertuang dalam Udang-Udang tersebut Menggaris bawahi dua hal pokok,yaitu:

    a. Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan Sumber Daya Manusia.

    S

    aya sebagai pemuda,harus memahami bahwa pendidikan sangat berfungsi bagi saya untuk mengembangkan kemampuan diri saya.Kemampuan-kemampuan yang saya miliki sekarang seperti:Kognitif saya,apektif saya,psikomotorik saya,dan sosio-emosional saya,perlu di tambahkan atau dilengkapi lagi,sehingga,dapat mencapai tingkat yang lebih tinggi,luas,dan dalam.

    Pemahaman akan fungsi pendidikan,akan menolong saya untuk berpikir dengan baik,merencanakan dengan baik,dan mengambil tindakan-tindakan yang tepat untuk mengembangkan dan meningkatkan pendidikan saya sekarang masa depan.

    b. Pendidikan berfungsi untuk meningkatkan mutu kehidupan saya.

    Jika saya berupaya meningkatkan pendidikan,maka saya akan menjadi pemuda yang memiliki pengetahuan lebihdan kecakapan lebih.Pengetahuan lebih dan kecakapan lebih akan melengkapi dan menolong saya melayani hidup yang bermutu,yaitu hidup baik dan hidup benar di di hadapan Tuhan dan sesama manusia.

    Saya sebagai pemuda,harus memahami serius akan arti dan fungsi pendidikan.Pendidikan dapat merubah diri saya saat sekarang,dan juga bisa berubah saya di masa depan.Artinya,Pendidikan akan membawa diri saya menjadi manusia yang lebih manusia pendidikan akan tetap menolong saya untuk melayani hidup kehidupan ini dengan lebih baik.Tanpa pendidikan,seorang tidak berpengetahuan dan tidak berpengertian.Tanpa pengetahuan dan pengertian seoarang mengalami jalan gelap.Seorang yang berjalan di jalan gelap.ia tidak akan tahu perjalanan.Firman Tuhan menegaskan demikian, “Siapa yang mengidahkan didikan,menuju jalan kehidupan”(Amsal 10:17a).

    Kebenaran firman Tuhan tersebut memberi penjelasan,bahwa Pendidikan bermamfaat besar bagi seseorang.Pendidikan yang di terima seseorang.Pendidikan yang akan terima akan melengkapi dirinyta melewati jalan hidup dan meraih kerberhasilan dan kemajuan dalam hidup yang lebih baik lagi.

    1. Mendoakan Pendidikan Saya.

    Saya yang belum memasuki suatu jenis pendidikan ,tentu saya akan menentukan saya pada salah satu jenis pendidikan.jenis pendidikan yang menjadi pilihan saya waktu mendatang ,haruslah di doakan dari sekarang.jenis pendidikan yang saya doakan secara serius,akan memperoleh dengan tepat,dan itu di tandai dengan hati yang damai dan sukacita ketika saya tetapkan dan menjalaninyai.

    Saya sedang berada dalam bangku pendidikan,wajib pula mendoakan pendidikan saya yang sedang berjalan.Mendoakan pelajaran atau mata kuliah yang sedang saya ikuti,mendoakan guru-guru atau dosen-dosen yang sedang mengajar,mendoakan biaya pendidikan yang saya butuh setiap bulan,setiap semester,mensyukuri keberhaislan-keberhasilan dalam pendidikan.

    2. Mengkonsultasikan Pendidikan Kepada Orang Tua Atau Mentor Saya.

    Saya yang akan memasuki suatu jenjang pendidikan baik formal maupun non formal atau suatu pilihan jurusan,perlu menkonsultasikan rencana tersebut kepada orang tua atau mentor saya.mereka akan memberikan masukan dan arahan-arahan yang sesuai dengan atau cocok dengan pilihan saya dan itu sangat menyenangkan dan membawa mamfaat besar bagi saya dan keluarga yang masa akan datang.Hal ini sangat bagi saya untuk mengambil kesimpulan-kesimpulan tertentu sebelum saya mengambil keputusan final tentang pilihan saya.

    3. Menetapkan Pilihan saya

    Pilihan-pilihan jenis pendidikan atau jurusan saya,harus mempertimbangkan aspek-aspek seperti:Kemnampuan saya biaya,waktu, keadaan fasilitas pendidikan,dan manfaat bidang ilmu di masa depan yang tepat dengan dunia kerja.

    Penetapan pilihan saya,harus dengan hati yang mantap.Jalani pilihan pendidikan saya dengan hati yang tenang,damai,beambisi dan bersemangat.Sebab,dengan suasana hati seperti itu,akan menjadi kekuatan saya menjalani keseluruhan aktivitas pendidikan saya dengan benar dan bertanggung jawab.

    4. Mejalani Pendidikan Saya.

    Setelah saya melewati pemahaman,doa konsultasi,dan penetapan pilihan,maka kini saatnay saya melajani pendidikan pilihan saya.Melajani pendidikan merupakan sebuah perjuangan panjang masa studi.Perjuangan masa studi tentu memerlukan sebuah studi harga,yang mau atau tidak mau harus di bayar.Harga sebuah perjuangan studi antara lain:Harga pikiran,harga perasaan,harga keringat,harga air mata,harga waktu,harga uang,dan berbagai komponen lain yang berada di sekitar hidup saya.

    Sebagai seorang pemuda ,ada beberapa prinsip penting yang harus memperhatikan dalam perjuangan pendidikan saya,antara lain:

    5,1 Belajar Dengan Jujur

    Belajar jujur adalah belajar yang sertai dengan hati yang lurus atau tidak berbohong /tidak curang.Firman Tuhan menegaskan: “Ia (Tuhan) menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur”(Amsal 2:7a)

    Seorang pemuda hendak mengembangkan nilai-nilai kejujuran dalam studinya.Jujurlah dengan orang tua saya ,jujurlah dengan teman-teman saya,jujurlah dengan keluarga saya,jujurlah dengan guru saya,jujurlah dengan dosen saya,jujurlah dengan sekolah atau institut saya,Tuhan akan menolong saya dengan melimpahkan hikmat,pengetahuan,dan kemampuan lain dalam studi saya.

    Jika saya tidak mengembangkan nilai-nilai kejujuran dalam studi,maka hal itu merupakan tanda bawha saya sedang membuat jembatan besar bagi Iblis datang menyembut saya masuk ke jalan dosa.Jika saya sudah berada di jalan dosa, maka itu tinggal selangka saja saya gagal dalam studi.

    5.2 Belajar Dengan Tekun.

    Belajar tekun adalah dengan rajin dan besungguh-sungguh.Firman tuhan menegaskan sebagai berikut: “…Orang rajin akan memperoleh harta yang berharga”(Amsal 12:27) dan Amsal 10:4;13:4;21:5;Roma 12:12.

    Perjuangan pendidikan yang saya lakukan dendan rajin dan sungguh-sungguh,bukan sekadar membawa kesuksesan,tetapi akan memperoleh harta yang berharg,akan memperoleh nilai presise yang tinggi,dan akan menjadi sebuah kesaksian (teladan/contoh) bagi orang lain di sekitar saya.

    5.3 Belajar Dengan Setia

    Belajar setia adalah yang di sertai dengan ketaatan diri dalam studi.Firman Tuhan menegaskan seperti berikut:

    Barang siapa setia dalam perkara kecil,ia setia juga dalam perkara-perkara besar”(lukas 16:10) dan Matius 25:21-23).Jika saya mengembangkan kesetiaan dalam studi,maka saya sedang merintis sebuah jalan atau tangga untuk mencapai tingkat kesuksetan yang lebih besar dan ataun lebih tinggi.Keberhasilan studi itu lebih diraih,oleh karena saya setia mentaati semua aturan studi perjungan studi

    5.4 Belajar Terfokus

    Pada saat ini,mungkin saya berstatus sebagai pelajar,mahasiswa,ataupun pekerja/pelayan.Namun,saya harus jadikan diri sebagai seorang pembelajar terfokus.Belajar sesuatu yang sangat mendukung profesi saya.Misalnya saya seorang mahasiswa FISIFOL,maka mulailah tingkatkan dan luaskan pembelajaran saya di bidang FISIPOL,bacalah sebanyak mungjkin buku yang behungan dengan sosial,politik,dan belajarlah kepada orang-orang ynag bekecipung dalam bidang sosial politik.Cara ini akan menambahkan ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam ilmu bidang saya.Dengan demikian,fokus keilmuan saya akan semakin bertambah,luas,dan tajam.

    Jika saya seorang Guru sekolah minggu,fokuskanlah pembelajaran saya kepada pengajaran sekolah minggu,Yaitu:Membaca buku banyak yang berhubingan dengan pelayanan sekolah minggu,mengikuti pelatihan-pelatihan tentang sekolah minggu,mengadakan staring dengan para senior guru sekolah minggu.cara-cara seperti ini,akan menambahkan pengetahuan,ketrampilan,dan pengalaman saya di bidang pelayanan sekolah minggu.Dengan demikian,fokus pelayanan saya akan semakin tajam dan luas.

    5.5 Belajar Komprehensif.

    Saya boleh belajar terfokus,tetapi saya menyediakan kesempatan untuk mempelajari berbagai ilmu yang bisa mendukung dan melengkapi fropesi saya.Belajarlah bidang ilmu yang lain,sehingga pengetahuan,ketrampilan,dan pengalaman saya dapat bertambah.Misalnya saya seoang mahasiswa Fakultas Ekonomi saya boleh belajar berfokus bidang ilmu ekonomi,tetapi, saya juga menjediakan kesempatan untuk mempelajari bidang ilmu lain seperti: Sastra Inggris atau bidang ilmuy bidang kepemimpinan,karenakedua bidang ilmu ini akan mendukung dan melengkapi fropesi saya akan kemudian hari.contoh lain;jika saya seorang mahasiswa Teologi,maka saya juga mempunyai kesempatan belajar bidang ilmu lain seperti sastra Inggris,Sejarah Dunia,kepemimpinan,Teknik Komputer,dsb.

    Pembelajaran bidang ilmu lain diluar dari fokus studi (fropesi) saya,akan menjadi pelengkap dan pedukung untuk mencapai kualitas pengetahuan,ketrampilan,dan pengalaman saya semakin baik dan berguna dalam studi,pekerjaan,palayanan,dan fropesi lain yang sedang dan akan digeluti di masa depan.

    5,6 Belajar Seumur Hidup

    Seorang pemuda mempunyai kesempatan yang banyak untuk belajar sepanjang hidup.belajar setiap waktu,dari jam ke jam,dari hari ke hari,dari minggu ke minggu,dari bulan ke bulan,dan dari tahun ke tahun.

    Kebiasaan kebanyakan orang seperti begini: Mereka hanya ketika hendak mengikuti ujian/testing ,mereka hanya belajar ketika masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa.Tetapi jika sudah tamat sekolah atau kuliah,mereka tidak berkeinginan lagi untuk balajar.Keadaan seperti ini adalah suatu pengalaman yang kurang baik,karena bidang ilmu yang di peroleh seseorang akan berhenti,tidak berkembang,tidak hidup,bahkan telah membatasi diri untuk mengkomsumsi ilmu pengetahuan lain dalam hidup.

    Saya seorang pemuda seharusnya tidak demikian.Jangan menjadikan hal-hal sekuler lain menjadi hoby saya,jangan menjadikan nonton film adalah hoby saya,jangan menjadikan memancing adalah hoby saya,jangan menjadikan berburu adalah hoby saya,jangan menjadikan sepak bola/nonton sepak bola adalah hobi saya,jangan menjadikan tidur adalah hobi saya,tetapi,jadikanlah membaca/belajar adalah hoby saya,sehingga sepanjang hidup saya menjadi kaya dengan ilmu pengetahuan,ketrampilan,dan pengalaman.

    Dengan demikian,saya akan menjadikan diri berkualitas dan meraih sukses masa depan yang berkualitas dan memuliakan Tuhan.

    Cara seorang pemuda bertanggung jawab terhadap pendidikan diri sendiri adalah:

    1.Mendoakan pendidikan saya.

    2.Mengkonsultasikan pendidikan saya kepada orang tua /mentor.

    3.Tetapkan pilihan pendidikan.

    4.Menjalani perjuangan pendidikan dengan cara:

    a.Belajar dengan jujur.

    b.Belajr dengan tekun.

    c. Belajar dengan setia

    d. Belajar terfokus.

    e. Belajar komprehensif.

    f.Belajar seumur hidup.

    D. BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP PEKERJAAN DIRI SAYA

    P

    ekerjaan halal apapun yang sedang dan akan saya kerjakan ,harus dipahami bahwa itu adalah anugerah Tuhan.Pemahaman tentang pekerjaan sebagai anugerah Tuhan akan mempengarui pikiran,sikap,dan tindakan saya untuk melakukan pekerjaan saya dengan ucapan syukur,bekerja dengan benar,dan bertanggung jawab.

    Pekerjaan saya kota tentu berbenda dengan pekerjaan yang lain di desa.Berbeda bentuk,berbeda kapasitas,berbeda fungsi,dan berbeda tujuan.Pekerjaan apapun yang saya kerjakan dan di dimanapun saya bekerja,harus di yakini bahwa pekerjaan itu adalah pekerjaan yang layak dan halal,tidak bertantangan dengan Alkitab,nilai-nilai sosial dan budaya yang berlaku secara umum pekerjaan apapun halal yang saya kerjakan,harus di perhatikan secara sungguh-sungguh.

    Beberapa langka yang perlu di lakukan sebagai upaya tanggung jawab dalam pekerjaan saya ,;yaitu:

    1.Mendoakan Pekerjaan

    Pekerjaan atau pelayanan yang saya akan kerjakan atau sedang dikerjakan,harus di yakini bahwa itu adalah rahmat Tuhan,sehingga,perlu didoakan secara serius dan kontinu (terus menerus).Saya harus menyediakan waktu untuk mendoakan pekerjaan saya.Pekerjaan yang didoakan terus menerus,akan membuat hati,pikiran,dan perasaan merasa aman,damai,dan tenang di dalam melaksanakan segala tugas dan tanggung jawab saya.

    Doa pekerjaan saya dapat melingkupi hal hal sebagai berikut.

    1.1 Mendoakan Bentuk,bobot dan sasaran pekerjaan saya

    Berdoa bentukpekerjaan yang akan saya kerjakan masa depan,berdoalah kualitas pekerjaan yang akan saya kerjakan,dan berdoa juga sasaran atau tujuan pekerjaan saya.Bentuk,bobot,dan sasaran pekerjaan,harus di doakan oleh saya sendiri maupun orang lain bisa membantu melalui doa.Ketiga (3) aspek pekerjaan tersebut perlu didoakan karena akan menentukan penghasilan saya ,menentukan karier saya,dan menentukan harga diri saya di tengah keluarga,masyarakat ,gereja,dan masyarakat bangsa.Melalui doa saya,Tuhan memberikan bentuk pekerjaan yang layak, bobot pekerjaan yang baik,dan sasaran pekerjaan yang baik dan memuliakan Tuhan.

    1.2 Mendoakan Pemimpin Saya

    Di tempat kerja saya pasti ada seorang atau tim pemimpin,mereka adalah manusia biasa.Mereka memilikin berbagai kelemahan dan keterbatasan.Doakan kesehatan merekan,doakan tugas harian mereka,doakanperencanaan mereka,doakan kebiakan kebijakan mereka,doakan permasalahan –permasalahan yang mereka adapi,doakan keputusan-keputusan yang sudah ada maupun keputusan-keputusan yang akan diambil.Tuhan akan bekerja dalam doa saya dan mengatur hati, pikiran,sikap,dan tindakan pemimpin.Tuhan akan berkarya didalam dan melalui doa saya.Kepemimpinan pemimpin sayam akan mengarah dan menghasilkan sikap dan hasil-hasil pisitf seperti: Kejujuran,kebenaran,keadilan,keberhasilan dan kemajuan dalam aktifitas kepemipinan mereka

    1.3 Mendoakan Mitra Kerja Saya

    Di tempat kerja saya pasti ada orang pribadi /kelompok orang yang menjadi mitra atau rekanan kerja.Mereka berasal dari luar kantor atau perusahaan atau atau tempat kerja saya,yang mempunyai hubungan atau kemitraan degnan kantor atau gereja atau perusahaan saya.Orang-orang tersebut hendaklah didoakan.Mitra kerja seperti itu,perlu mendoakan agar mereka membangun hubungan-hubungan kerja secara jujur,benar dan adil.Doa saya terhadap mitra kerja saya menjadi penting.Karena, Tuhan akan menjauhkan saya dari mitra saya yang mempunyai motivasi,;niat, rencana,dan tindakan-tindakan yang tidak perkenakan kepada Tuhan.Tuhan akan menjauhkan mitra kerja yang merugikan saya atau organisasi,mitra kerja yang membawa masalah atau bencana bagi saya atau organisasi,dsb.

    1.4 Mendoakan Teman Kerja Saya

    Teman kerja saya dalam satu ruangan,satu kantor,atau satu tempat kerja,perlu di doakan.Di antara teman-teman kerja di tempat kerja biasanya rawan gosip,rawan,cemooh,rawan iri,dsb.Kondisi seperti itu sering menimbulkan konflik-konflik kecil yang menjadi masalah besar.Doakanlah teman kerja saya,agar Tuhan membuat mereka berhati baik,dan bertindak baik terhadap saya,terhadap atasan,terhadap bawahan dan terhadap orang lain dalam lingkup kerja.

    1.5 Mendoakan Baawahan Saya

    Jika saya telah menjadi pemimpin

  2. shaggy waker Says:

    aku berjanji sampai kapanpun aku tetap akan menjagamu wahai kampung halaman ku yg trecinta TUHAN SELALU MENYERTAI KITA MULAI HARI INI SAMPAI PAPUA MERDEKA AKU SELALU BERJUANG UNTUK MU AKU DI NEGRI OGR TAK AKAN MELUPAKAN MU TANAH PAPUA DAN KAMPUNG KU ILAGA PUNCAK PAPUA GBU DALAM NAMA TUHAN YESUS AMIN;
    PUTRA BADAI DARI TIMUR 303 ,P3MBAJAK,SILUMAN
    I LOV YUO PAPUA

  3. Rey Says:

    Shalom salam kenal Napianus Murib…..Setelah membaca tulisan anda,saya senang dan bersukacita karna ada anak muda papua (Ilaga) dapat memahi arti masa muda n kehidupannya di dunia ini……saya menjadi tertarik dengan tulisan anda ini dan saya berharap Tuhan dapat pakai kehidupanmu untuk membawa perubahan di tanah papua dan kamu dapat menjadi contoh dan teladan bagi anak2 muda di papua khususnya di kabupaten ilaga……Tuhan berkati ko adik….oh ya skarang ko posisi dimana????

  4. ullaqay Says:

    tu sangat benar sekali,tapi…..
    apakah kita sebagai mahasiswa t’lah melaksanakan atau melakukannya
    ????????????

  5. Farly Says:

    Mantab…., maju terus….., ingin untuk membagi ilmu di Ilaga….

  6. Petrus bambs Says:

    majukan pendidikan itu yang utama,,,,,


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: